adelinafransiska79

Without God we're nothing :"))

Kemampuan Kecerdasan

on January 25, 2013

Otak manusia merupakan sumber daya organisasi yang sangat berharga. Howard Gardner, beliau adalah proses dibidang pendidikan di Harvard University penggagas (multiple intelegences), mengemukakan bahwa kecerdasan otak manusia diukur dengan :

a. kemampuan untuk menyelesaikan masalah

b. kemampuan untuk menghasilkan persoalan-persoalan baru untuk diselesaikan

c. kemampuan untuk menciptakan sesuatu untuk memberikan penghargaan dalam budaya seseorang.

Gardner mengemukakan definisi yang lebih luas, potensi manusia, baik anak-anak maupun orang dewasa, ia membaginya dalam delapan jenis kecerdasan.

          

1. kecerdasan linguistik, yaitu kemampuan untuk menggunakan bahasa atau kata-kata secara aktif. profesinya: pengajar, guru bahasa, editor, penulis, dsb.

2. kecerdasan logis/matematika, yaitu kemampuan berpikir menggunakan angka-angka dan penalaran logika dengan baik, biasanya punya minat yang besar untuk bereksplorasi dan bertanya tentang berbagai fenomena serta menuntut jawaban logis. profesinya: ilmuwan, insinyur, dokter, peneliti, dsb.

3. kecerdasan visual/spasial, yaitu kemampuan berpikir 2 atau 3 dimensi termasuk pemahaman akan bentuk dan ruang serta hubungan antar benda dalam ruangan, memiliki kepekaan akan arah atau lokasi tertentu. profesinya: arsitek, designer, seniman, fotografer, dsb.

4. kecerdasan kinestetik, yaitu kemampuan untuk menggunakan gerak tubuh atau bergerak dengan ketepatan tinggi dan mengekspresikan ide atau perasaan melalui gerakan tertentu. profesinya: atlet, pembalap. penari, dsb.

5. kecerdasan musikal, yaitu kemampuan untuk memahami, mengakspresiasi, memainkan dan menciptakan musik serta memiliki kepekaan akan ritme, melodi atau nada. profesinya: penyanyi, pencipta lagu, pemusik, komposer, dsb.

6. kecerdasan interpersonal, yaitu kemampuan untuk menjalin hubungan dengan orang lain, memahami kebutuhan dan perilaku orang lain. profesinya: pengajar(guru), politikus, salesman, dsb.

7. kecerdasan intrapersonal, yaitu kemampuan memahami, menganalisa, dan merefleksikan diri sendiri, serta menyadari perasaan, keinginan dan tujuan hidup. profesinya: pelatih, pengajar, penulis, dsb.

8. kecerdasan naturalis, yaitu kemampuan untuk memahami alam sekitar, mengidentifikasikan dan mengklasifikasikan persamaan dan perbedaan karakterisitik spesies flora dan fauna secara efektif berinteraksi dengan alam. profesinya: pencinta alam, petani, peternak, dsb.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: