adelinafransiska79

Without God we're nothing :"))

Pentingnya Motivasi Belajar (The importance of learning Motivation)

on May 30, 2013

 

Belajar merupakan kegiatan sehari-hari bagi seorang siswa. Belajar bisa saja berlangsung di sekolah, di kampus, di rumah, dan ditempat-tempat lain, seperti perpustakaan dan laboratorium.  Belajar dapat saja berlangsung tanpa intruksi dari guru maupun si pendidik, artinya siswa belajar karena kegiatannya sendiri, ateu belajar karena motivasi diri. Misalnya, bila siswa mengetahui kegunaan dari suatu mata kuliah seperti bahasa inggris misalnya, maka Ia akan giat belajar karena tahu akan kegunaannya. Disamping itu, motivasi belajar siswa akan meningkat bila tidak ada gangguan-gangguan seperti misalnya hubungan yang kurang akrab di antara siswa.

Motivasi belajar adalah kecenderungan (dorongan)yang timbul pada diri seseorang secara sadar maupun tidak sadar untuk melakukan tindakan dengan tujuan tertentu. Motivasi belajar sangat lah penting bagi seorang siswa, diantaranya :

1. menyadarkan kedudukan pada awal belajar, proses, dan hasil akhir. contoh : setelah seorang siswa membaca suatu buku bacaan, dibandingkan dengan     teman sebayanya sekelas yang juga membaca bab tersebut, ia kurang berhasil menangkap isi, maka ia terdorong membaca lagi.

2. menginformasikan tentang kekuatan usaha belajar, yang dibandingkan dengan teman sebaya.

3. mengarahkan kegiatan belajar

4. membesarkan semangat belajarnya

5. menyadarkan tentang adanya perjalanan belajar dan kemudian bekerja.dengan siswa

Seorang guru senantiasa dihadapkan dengan siswa yang memiliki kemauan belajar yang berbeda. Terkadang guru menghadapi siswa yang kehilangan perhatian dan minat untuk belajar. Menghadapi siswa yang demikian, seorang guru harus dapat memberi semangat dan mendorong mereka untuk tetap berusaha membaca bab buku tertentu, mengerjakan soal dan tugas-tugas, ataupun aktif bertanya ketika guru menjelaskan pelajaran. Akan lebih baik lagi apabila siswa dengan sendirinya menyenangi belajar. mereka menyelesaikan tugas pada waktunya, bertanya secara aktif dalam kelas, memberikan pendapat dalam diskusi kelas. hal ini menunjukkan bahwa mereka menyadari pentingnya belajar untuk hari depan dan menyenangi materi yang di bahas.

Ada sebuah contoh dari motivasi, Lance amstrong adalah pembalap sepeda yang hebat tetapi kemudian dia didiagnosis mengidap kanker pada tahun 1996. peluang kesembuhannya diperkirakan kurang dari 50 persen saat pembalap sepeda itu mengikuti kemoterapi dan emosinya memburuk. akan tetapi lance pulih dari penyakit itu dan bertekad memenangkan lomba Tour de France sejauh kurang lebih 2.000mil, sebuah lomba balap sepeda paling bergengsi di dunia. hari demi hari lance berlatih keras, terus bertekad memenangkan lomba itu. lance kemudian berhasil memenangkan lomba balap Tour de France bukan hanya sekali, tetapi empat kali pada 1999, 2000, 2001, 2002.

Seperti contoh Lance amstrong, motivasi siswa kelas berkaitan dengan alasan di balik perilaku siswa dan sejauh mana perilaku mereka diberi semangat, punya arah dan dipertahankan dalam jangka lama. jika siswa tidak menyelesaikan tugas karena bosan, maka dia kekurangan motivasi. jika murid menghadapi tantangan dalam penelitian dan penulisan makalah, tetapi dia harus berjuang dan mengatasi rintangan, maka dia punya motivasi besar.

sekian tulisanku teman, semoga bermanfaat dan menjadi motivasi untuk kedepannya !


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: